Monday, August 12, 2019

Cara Menjaga Kesehatan Mental

Cara Menjaga Kesehatan Mental

Cara Menjaga Kesehatan Mental


Istilah kesehatan mental siambill dari konsep mental hygine, kata menal berasal dari bahasa Yunani yang berarti Kejiwaan. Kata mental memiliki persamaan makna dengan kata Psyhe yang berasal dari bahas latin yang berarti Pisikis atau Jiwa. Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa mental hygine berarti mental yang sehat atau kesehatan mental. kesehatan mental adalah terhindarnya seseorang dari leluhan dan gangguan mental baik berupa neurosis maupun psikosis , ( penyesuaian diri terhadap lingkungan sosial). Kesehatan mental seseorang sangat erat kaitannya dengan tuntutan masyarakat tempata ia hidupm masalah-masalah hidup yang di alami, peran sosisal dan pencapain-pencapaian sosialnya. AGEN POKER

Berdasarkan orientasi penyesuaian dirim kesehatan mental memiliki pengertian kemampuan seseorang untuk dapat menyesuaikan diri sesuai tututan kenyataan di dekitarnya. Tuntutan kenyataan  yang di maksud  di sini lebih banyak merujuk kenyataan pada tuntutan yang berasal dari masyarakat yang secata konkret mewujudkan dalam tuntutan orang-orang yang ada di sekitanya, M. Jahoda, seorang pelapor gerakan kessehatan mental, memeberi definisi mental yang rinci.

Dalam definisinya, kesehatan mental adalah kondisi seseorang yang berkaitan dengan penyesuaian diri yang aktif dalam mengahadapi hidup dan mengatasi maslaah dengan mempertahankan stabilitas diri, juga ketika berhadapan dengan kondisi baru, serta memiliki penilaian nyata baik tentang kekehidupan maupun diri sendiri. 

DOMINO QQ- Seseorang di katakan memiliki mental yang sehat , bila ia terhindar dari gejala penyakit jiwa dan memanfaatkan potensi yang dimiliki untuk menyelaraskan fungsi jiwa dalam dirinya. Golaongan yang kurang sehat mentalnya. Golongan yang kurang sehata adalah orang yang merasa terganggu ketentraman hatinya. Adapun abnormalitas kenyataan hidup, sehingga muncul konflik mental pada dirinya. gejala-gejala umum yang kurang sehat mentalnya, yakni dapat dilihat dalambeberapa segi, anatara lain:

1. Perasaan

Orang yang kuang sehat mentalnya akan selalu merasa gelisag karena kurang mampu menyesuaikan  masalah-masalah yang dihadapinya.

2. Pikiran

Orang yang kurang sehat mentalnya akan mempwngaruhi pikiranya, sehingga ia merasa kurang mampu melanjutkan sesuatu yang telah dilancarkan sebelumnya, seperti tidak dapat berkonsentrasi dalam melakukan sesuatu pekerjaan, pemalas, pelupa, apatis, dan lain sebagainya.

3. Rasa cemas

Perasaan tidak menentu, panik, takut tanpa diketahui apa yang diakutinya dan tidak dapat megihilangkan perasaan gelisah dan mencemaskan itu. Teralu banyak hal-hal yang banyak menyebabkan gelisah yang tidak pada tempatnya.

4. Iri hari

Seringkali orangyang merasa iri hati atas kebahagiaan orang lain. Perasaan ini bukan karena kebusukan hatinya seperti biasa di sangka orang, akan tetapi karena ia sendiri tidakmerasakan bahagia dalam hidupnya. BANDAR CAPSA SUSUN

5. Rasa sedih

Rasa sedih yang tidak beralasan, atau terlalu banyak hal-hal yang menyedihkannya sehingga mukanya selalu membayangkan kesedihan, kendatipun ia seorang yang mampu, berpangkat, dihargai otang dan sebagainya. Sesungguhnya perasaan sedih ini banyak sekali terjadi. Banyak kita melihat orang yang tidak pernah gembira dalam hidupnya. Sebabnya bermacam-macam. ada ibu yang merasakan kesepian karena akan-anakanya sudah tidak memerlukannya lagi, sedangkan bapak tidak lagi seperti dulu.  kesedihan-kesedihan seperti itu, tidak disebebkan oleh sesuatu hal atau persoalan secara langsung, akan tetapi oleh kesehatan mental yang terganggu.

6. Rasa rendah diri

Rasa rendah diri dan tidak percaya diri banyak sekali terjadi pada remaja. Hal ini disebabkan oleh banyaknya problem yang mereka hadapi dan mendapatkan penyelesaian dan pengertian dari orang tua. Disamping itu mungkin pula akibat pengaruh pendidikan dan perlakuan yang diterimanya sewaktu masih kecil. Rasa rendah diri ini menyebabkan orang lekas tersinggung. Kerana itu ia mungkin akan menjauhi pergaulan dalam orang banyak, menyendiri, tidak berani mengungkapkan pendapat ( karen takut salah), tidak berani bertindak atau mengambil suatu inisiatif. lama-lama akan hilang rasa percaya dirinya, dan selanjutnya ia juga akan kurang percaya kepada orang lain.

Ia akan lekas marah atau sedih hati, menjadi apatis dan pesimis. Bahkan rasa rendah diri itu mungkin akan menyebabkan ia suka mengeritik orang lain, dan tingkah lakunya mungkin akan terlihat sombing. dalam pergaulan ia menjadi kaku, kuarng disenangi oleh kawan-kawannya, karena mudah tersinggung dan tidak ikut aktif dalam perhgaulan atau pekerjaan. BANDAR CEME

7. Pemarah

Sesungguhnya orang dalam suasana tertentu kadang-kadang perlu marah, akan tetapi kalau ia sering-sering marah yang tidak pada tempatnya atau tidak seimbang dengan sebeb yang menimbukjan marah tiu, maka yang demikian ada hubungannya dengan kesehatan mental. Marah adalah sebenarnya ungkapan hati yang tidak enak, maka sedikit saja suasana luar mengganggu ia akan menjadi marah, mungkin anak, istri, atau siapapun akan terjadi suasana marahnya ang telah lama dutumpuknya itu.


Cara Pratis yang bisa dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan mental kita:

Menerima dan menghargai diri sendiri

Setiap individu itu berbeda dan unik, namun, satu hal yang sama tidak sama adalah ada individu yang sempurna. hargai diri kita sendiri. Kenali dan terima kelemahan yang kita miliki, namun fokuslah pada hal-hal yang menjadi kelebihan kita. Berkesimpulan lebih realistis terhadap hal-hal yang masih kita ubdah dalam diri kita. Jika hal tersebut dapat diubah, cobalah mengubahnya secara perlahan.

Menjaga hubungan baik

Tidak perlu berjuan sendirian saat kita menghadapi masalha. Hubungan keluarga dan teman yang baik dapat membantu mengatasi tekanan dalam hidup tetaplah menjag hubungan baik dengan selalu bertukar kabar lewat telepon, berte,u dan salimg bercerita.

Aktif berkegiatan

Aktif bertemu dengan banyak orang dan tergabung dalam kegiatan baru di lingkungan. masuklah dalam komunitas, atur pertemuan dalam kegiatan baru di lingkungan. masuklah dengan komunitas, atur pertemuan dengan teman-teman, atau ikut kursus yan dapat membantu kita untuk merasakan lebih baik. Ikut kegiatan yang bertujuan membantu orang lain juga dapat membantu kita merasa dibutuhkan dan menjadi semakin berharga. hal ini membantu percaya diri semakin meningkat.

Bercerita kepada orang lain

Bercerita mengenai perasaan yang dirasakan bukan menandakan bahwa kita lemah. tetapi  merupakan bagian dari usaha kita untuk menjaga kesehatan mental. Didengarkan oleh orang lain membantu kita merasa didukung dan tidak sendirian. Carilah orang bisa di ajak bicara dan ungkapkan yang ada di dalam kepala anda.

Aktif bergerak

Temukan olahraga yang kita suaki dan mulai lakukan. Latihan Pada badan dipercaya dapat mengeluarkan senyawa kimiawi di dalam otak yang membuat kita merasa lebih baik. Oleh karena itu, olah raga teratur dapat ,membantu kita merasa lebih positif, membantu konsentrasi, tidur , serta membuat kita merasa lebih positif. Bergerak tidak harus dengan olahraga, namun dapat dilakukan mellui kegiatan lainnya seperti berjalan di taman, berkebun, atau melakukan pekerjaan rumah tangga.
Lakukan selama minimal 30 menit, 3-5 kali seminggu. BANDAR DOMINO QQ

Istirahat

Jika terlalu banyak kegiatan tertentu membuat tertekan, maka carilah waktu untuk itirahat dan santai. Dengarkan lah tubuh kita sendiri. Jika tubuh sangat lelah, berikan eaktu tidur. Selain itu lakukan kegiatan seperti mendengarkan musik, membaca, menonton film dal mencoba kegiatan baru yang menyenangkan.

Konsumsi makanan dan minuman sehat

BANDAR POKER- Otak kita membutuhkan nutrisi agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik, seperti orga tubuh yang ada di dalam tubuh kita.  Melakukan diet yang seimbang dapat membantu kesehatan mental kita.

0 comments:

Post a Comment