Thursday, November 14, 2019

Menjaga Kesehatan Reproduksi Bagi Pria dan Wanita


Menjaga Kesehatan Reproduksi Bagi Pria dan Wanita


BANDAR DOMINO- Kebanyakan orang menganggao kesehatan reproduksi hanya terkait dengan kehamilan dan kelahiran, sehingga sering dicap sebagi wanita. Padahal, kesehatan sistemreproduksi sama-sama oenting bagi pria dan wanita untuk bisa mempertahankan keturunan.

kenapa kesehatan reproduksi itu penting.

sistem reproduksi pria dna wanita berbeda dari segi bentuk maupun struktur yang mendukungnya.

Organ dari sistem reproduksi wanita meliputi vagina, rahim, ovarium, tuba falopi, dan vulva. Sementara sistem reproduksi pria terdiri dari penis, testis, dan skrotu taau buah zakar.

AGEN DOMIN- Meski begitu, sistem reproduksi pria dan wanita sama-sama dirancang untuk menghasilkan, melindungi, serta mengangkit sel telut atau sperma. Khususnya pada wanita, sistem reproduksi mereka juga bertanggung jawab utnuk mempertahankan kehamilan dan menjai tempat bertumbuh kembangnya janin samapai waktunya lahir.

Namun, kebanyakan orang tidak menyadari bahwa sistem reproduksi mereka merupakan sistem yang paling rapuh dalam tubuh. Jika anda tak pintar-pintar dalam menjaga kesehatan reproduksi, bukan tak mungkin anda kaan mengalami berbagai gangguan reproduksi di kemudian hari. Salah satunya, kesulitan untuk memeperoleh keturunan.

Berikut bebrtapa langskah sederhana yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatn reprosuksi.

1. Merawat kebersihan kelamin dengan baik

BANDAR CEME- Mememlihara kebersihan alat kelamin merupakan salah satu bentuk komitmen untuk menjaga kesehatan reproduksi. Kelamin yang kotor dan tidak terawat tentu membuat pasangan ogah-ogahan untuk berhubungan sek dengan anda. Selain itu, kelamin kotor juga dapat juga dapat meningkatkan risiko penyakit yang dapat mengganggu kerja sistem reproduksi.

Merawat kebersihan kelamin tidak perlu usaha yang ribet. Anda hanya perlu:


  • Selalu memberihkan alat kelamin setelah berkemih, serta sebelum dan setelah melakukan hubungan seksual.
  • Pastikan area genital selalu dlaam keadaan kerung dan tidak lembab.
  • Hindari menggunakan sbun wangi, sabun sirih, seodoran, bedak. dan Vaginal douche karena dapat menyebabkan kulit kelamin rentan iritasi.
  • Mengganti celan dalam setiap hari, dan pastikan kalau celana yang digunakan maupun menyerap keringat dengan baik.
  • Bagi pria, pertimbangan utnuk sunat menghindari risiko infeksi bakteri di penis. Kulit kulup yang tidak diangkat dapat menjadi tempat berkumpulnya kotoran. bila dibiarkan, kotoran tersebut dapat menunjuk dan meyebabkan infeksi.


2. Makan makanan yang sehat

AGEN CEME- Apa yang Anda makan setiap hari akan memengaruhi kesehatan reproduksi Anda. Jika Anda terbiasa makan makanan yang sehat dan bergizi tinggi, tubuh akan terasa makin sehat dan bugar. Anda juga terhindar dari berbagai penyakit, termasuk penyakit yang menyerang sistem reproduksi.

Dokter kandungan (Obgyn) di Texas Fertility Center, dr. Natalie Burger, mengatakan asupan nutrisi yang tepat juga dapat membantu tubuh memproduksi sel sperma dan telur yang sehat serta berkualitas. Makanan sehat juga mempersiapkan tubuh wanita untuk menjalani kehamilan tanpa hambatan komplikasi.

Jadi, astikan makanan dalam piring Anda memenuhi prinsip gizi seimbang, yang mencakup karbohidrat, serat, protein, dan lemak baik.

3. Berhubungan seks yang aman

Prinsip melakukan seks yang aman tidak hanya terfokus pada pemakaian kondom saja. Perilaku seks aman didefinisikan sebagai segala bentuk tindakan pencegahan untuk melindungi diri dan pasangan dari risiko penyakit menular seksual. Bahkan, seks aman juga bisa diartikan sebagai upaya untuk menghindari kehamilan yang tidak direncanakan.

Beberapa hal yang merupakan bentuk perilaku seks aman di antaranya:


  • Menggunakan alat kotrasepsi, seperti kondom atau pil KB
  • Tidak bergonta-ganti pasangan seks di satu waktu
  • Menjaga kebersihan organ intim sebelum dan setelah seks
  • Cek dan ricek riwayat seksual diri sendiri dan pasangan
  • Melakukan tes penyakit kelamin secara berkala


4. Rajin cek kesehatan ke dokter

Beberapa orang mungkin baru memeriksakan kesehatan reproduksinya ketika akan berencana hamil.

Padahal jikapun Anda tidak berencana hamil, sistem reproduksi tetap harus diperiksa secara rutin guna mencegah berbagai penyakit di kemudian hari yang biasanya muncul tanpa gejala.

Sebagai contoh, penyakit endometriosis yang menyerang wanita. Jika dibiarkan tanpa pengobatan yang tepat, penyakit ini bisa membuat wanita sulit hamil. Infeksi yang menyerang testis juga dapat membuat pria sulit membuat pasangannya hamil.

BANDAR POKER- Maka dari itu baik pria maupun wanita sangat dianjurkan untuk rutin memeriksakan kesehatan mereka di klinik, rumah sakit, maupun laboratorium kesehatan. Biasanya pemeriksaan berfokus pada risiko infeksi, penyakit menular seksual, dan penyakit bawaan yang mungkin diturunkan dari orangtua.

Berikut beberapa jenis pemeriksaan kesehatan reproduksi yang paling umum dilakukan:


  • Pemeriksaan darah lengkap (complete blood count)
  • Pemeriksaan urin
  • USG
  • HSG
  • Tes penyakit kelamin, seperti tes sifilis dengan uji VDRL
  • Pap smear


5. Jauhi rokok dan minuman keras

Gaya hidup sehat adalah kunci menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh, yang akan ikut memengaruhi kerja sistem reproduksi Anda.

Maka jika Anda seorang perokok dan peminum alkohol, sebaiknya berusaha untuk menghentikan kedua kebiasaan buruk ini. Tidak mudah memang, tapi tidak mustahil dengan niat dan tekad yang kuat.

AGEN POKER- Cobalah pelan-pelan dengan mengurangi satu gelas miras atau sebatang rokok per hari. Jika sudah terbiasa, barulah kurang beberapa batang rokok dan gelas lagi hingga Anda mampu berhenti sama sekali. Bila perlu, Anda bisa meminta dukungan dari orang-orang terdekat seperti keluarga, pasangan, atau sahabat.

Selain itu, jangan lupa untuk rutin berolahraga secara teratur agar tubuh Anda tetap bugar setiap hari. Olahraga bisa membantu Anda dalam mencapai berat badan ideal dan memperbesar peluang sukses hamil.

Begitu pula dengan membiasakan cukup tidur. Tidur adalah cara alami tubuh untuk menjaga kesehatannya sendiri. Jika Anda kurang tidur dampaknya akan terasa langsung pada kesehatan Anda, termasuk pada fungsi reproduksi dalam jangka panjang.

0 comments:

Post a Comment