Monday, November 11, 2019

Cara Mengatasi Keram Pada Otot Dada

Cara Mengatasi Keram Pada Otot Dada

Cara Mengatasi Keram Pada Otot Dada


AGEN POKER - Dada yang tiba-tiba terasa sakit dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari gangguan pada sistem pernafasan samapai serangan jantung. Akan tetapi, penelitian yang di lakukan Miunt Sinai Hosopitalmencatat hampir 49 persen rasa nyeri di dada disebabkan oleh kontraksi yang terjadi pada otot. Otot yang kontraksi yaitu yang berada disela-sela tulang rusuk atau disebut dengan otot interkostal. Kontraksi ini menyebabkan bagian otot-otot dada menegang sehingga menimbulkan kejang otot berkelanjutan atau di sebut juga dengan keram otot dada.

Penyebabnya keram otot dada

BANDAR POKER- Otot memang wajar jika berkontraksi. Namun, umumnya kontraksi yang dilakukan otot berbeda si atas kendali kita. Nah, jika anda mengalami kram otot itu artinya otor berkontraksi di luar kendali kita atau secara tidak sadar. Maka tak heran jika kram muncul secara tiba-tiba.

Terlaluseringa menggerakan anggota tubuh apalagi secara berlebihan, dapat memicu terjadinya kram otot dada. Misalnya saja anda mengangkat benda-benda berat, kurangnya pemanasan, melakuakn olahaga dayung atau angkat beban dan lain lain.

Selain itu, bentiran akibat kecelakaan dan batuk parah yang terus menerus berlangsung akibat penyakit seperti berkontraksi kronis juga dpaat menyebabkan kram otot dada.

Saat kram otot dada menyerang secara tiba-tiba, pastikan anda tidak berlangsung panik atau bereaksi berlebihan sehingga tidak memperparah kejang otot. Lakukan penanganan pertama RICE( Rest, Ice, Comperssion, dan Elevation) utnuk segera meredakan kram.

1. Hentikan kativitas dan segera beristirahat

AGEN CEME- Kram otot dada dapat terjadi kapan saja, termasuk saat melangsungkan aktivitas. Segera hentikan aktivitas saat bagian dada terasa sakit dan beristirahat sejenak samapai kram mereda.

Jika kram terjadi lagi saat melakukan aktivitas tersebut, sebaiknya anda mengindari aktivitas tersebut dalam beberapa hari atau meringankan porsinya.

2. Kompres bagian dada yang terasa sakit

Siapkan handuk untuk membungkus es, kemudian tempelkan pada dada yang terasa sakit selama 20 menit, anda bisa mengulangi langkah penanganan ini selama beberapa kalidalam sehari, meskipun kram otot dada sudah mereda.

3. Balut bagian dada yang sakit dengan perban

BANDAR CEME- Membungkus bagian dada dengan perban juga membantu menghilangkan kram otot pada dada. Gunakanlah perban elastis agar tidak menambah tekanan yang dpaat memperparah kontraksi otot, dan sebaiknya anda juga mempelajari terlebih dahulu cara membalut perban dengan benar.

4. Tegakan posisi tubuh 

Saat kram otot dada berlangsung, usahakan utnuk tidak membaringkan tubuh anda. Jika anda berada dlaam posisi tidur, bangunlah sevata perlahan dan duduklah dnegan tegak. Gunakan bantal utnuk menopang bagian belakang tubuh untuk mempertahankan posisi dada tetap tegak.

Hal ini berguna untuk meregangkan otot-otot dada yang menegang. Kemudian, beri pijatan lembut dengan perlahan samapai otot kembali releks.

5. Minum obat pereda rasa nyeri

AGEN DOMIN- Jika rasa sakit tak kunjung mereda, anda dapat mengonsumsi obat analgesik atau pereda rasa nyeri. Obat-obatan pereda rasa nyeri mampu mengurangi rasa yeri kram otot dada. Obat batukbaik kimia maupun alami bisa juga diminum, Jika diketahui kram otot dipicu oleh batuk yang berlangsung secara menerus.

Mencegah kram otot dada

Kram otot dada memang terjadi di luar kendali anda, namun bukan berarti anda tidak dapat mencegah kondisi ini m=terjadi di kemudian hari. Pencegahan bisa dilakukan dengan menghindari faktor-faktor penyebabnya. BANDAR DOMINO

  • Sebelumnya berolahraga atau melakukan aktivitas berat yang mengandalkan otot bagian dada, lakukanlah pemanasan dengan benar  terlebih dahulu
  • Berhentilah beraktivasi setelah mersa tubuh sudah lebih
  • Saat melakukan aktivasi berat, minumlah banyak air untuk mengganti elektrolit yang terpakai. Sesuai aktivitas berat, minumlah banyak air utnuk mengganti elektolit yang terpakai. Sesuai asupan cairan yang masuk dengan lamanya aktivitas yang dilakukan. Sebelum olahraga, konsumsi 1/2 liter untuk air untuk aktivitas yang berlangsung selama 3-4 jam.

0 comments:

Post a Comment