Friday, November 29, 2019

Masalah Kesehatan Akibat Konsumsi Gula Berlebihan ( Selain Diabetes)

Masalah Kesehatan Akibat Konsumsi Gula Berlebihan ( Selain Diabetes)

Masalah Kesehatan Akibat Konsumsi Gula Berlebihan ( Selain Diabetes)


BANDAR DOMINO- Gula Hampir tidak bisa dilepaskan dari makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari. Rasanya yang manais memang menambah kenikmatan. Es krim, soda, permen, hingga nasi putih semuannya mengandung gula.

Namun, taukah anda gula bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan jika di konsumsi secara berlebihan. Tak hanya diabetes, ada berbagai penyakit lain yang secara langsung maupun tidak langsung diakibatkan oleh konsumsi gula berlebihan. Berikut Macam-macam Penyakit akibat gula yang bisa meyerang anda:

1. Penyakit jantung

AGEN DOMINO- Penyakit akibat gula pertama adalah penyakit jantung. Dr Farank Hu, Profesor Nutrisi di the Harvard T.H, Chan School of Publi Healt mengatakan semakin banak anda mengonsumsi gula tambahan maka semakain meningkat pula rsiko anda terkena penyakit jantung. Bahkan dalam penelitian yang diterbitkan di juournal of the American Medical Assosiantion, ditemukan fakta orang yang 17 hingga 21 persen kalorinya berasal dari gula tambahan memiliki resiko meninggal akibat penyakit jantung sebesar 38 persen lebih tinggi.


HUbungan antara banyakanya konsumsi gula dan berakibat pada penyakit jantung sebenarnya tidak secara langsung. Terlalu banyak konsumsi gla dapat membuat hati berkerja keras. Pasalnya, hati memetabolisme gula dengan berlebihan tidak anda hentikan, maka lemak akan menumpuk di hati dalam jumlah besar dan menyebabkan terjadinya perlemakan hati. Perlemakan hati inilah yang dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung.

BANDAR CEME- Selain ini, mengonsumsi terlalu banyak gula juga dapat meningkatkan tekaan darah peradangan krois yang muncul penyakit jantung.

2. Obesitas 

Obesitas menjadi penyakit akibat gula bisa menjadi pemicu berbagai penyakit kronis. Menurut British Dietetic Association ( BDA ), makan dan minuman yang mengandung guka tambahan mengandung banyak kalori, semakin banyak anda mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula, semakin banyak pula kalori yang anda konsumsi.

Gula mmatikan sistem kendali nafsu makan seseorang. Sehingga biasanya sekali saja anda makan dan minum manis, anda tidak bisa berhenti ingin mengonsumsi makanan manis lainnya. Tanpa sadar, kalori yang dikonsumsi bisa melebihibatas normal. AKibatnya, jika kebiasaan ini dibiarkan terus menerus maka bukan tidak mungkin anda mengalami berat badan berlebih.

Padahal, anda tidak disarankan untuk mengonsumsi gula lebih dari 10 persen asupan kalori hitam, umumnya sekitar 70 gr utnuk pria dan 50 gr untuk wanita. sedangkan dalam satu kaleng minuman bersoda saja kalorinya. Mencapai 35 gr Untuk itu, jika anda ingin mengonsumsi makanan dan minuman manis, gunakan permanis rendah kalori. Selain menghindari lonjakan guka darah, pemanis ini juga tidak mengandung banyak kalori yang bbisa membuat anda cepat gemuk.

3.Hiperglikemia

AGEN CEME- Hiperglikemia adlaha penyakit gula darah tinggi sebagai komplikasi dari diabetes. Biasanya, biasanya, berbagai faktor yang dapat memicu diabetes mengalami hiperglikemia yaitu tidak dijaga, kurang gerak, obat-onatan nondiabetes yang bisa menaikan gula darah, dan melewatkan kosumsi obat penurunan gula darah atau suntik sinsulin.

Hiperglikemia termasuk masalah kesehatan yang bisa berakibat fatal tidak segera ditangani. Biasanya, kondisi ini bisa menyebabkan komplikasi pada mata, ginjal, saraf, juga jantung. Tak hanya itu, hiperglikemia juga bisa menyebabkan anda mengalami koma.

Untuk itu, selain mengikuti berbagai aturan minum obat yang dianjurkan dokter, anda juga perlu mengendalikan jenis makanan yang dikonsumsi. Usahakan utnuk mengindari berbagai makanan dan minuman yang mengandung gila tambahan jika sudah memiliki diabetes untuk mencegah keparahan kondisi.

4. Kerusakan gigi

BANDAR POKER- Tahukan anda, gula ibarat mangnet bagi bakteri jahat di dalam mulut. Komplek bakteri ini menghasilkan asam di mulut setiap kali anda makan gula. Bakteri jahat ini memakan gula yang anda makan dan membentuk plak pada gigi.

Plak adalah lapisan lunak dan lengeket di gigi yang terdiri dari 70 persen bakteri yang berasal dari air liur.Palk pada gigi yang hilang dnegan air liur tidak terangkat saat disikat membuat pH mulut menurun sehingga membuat menjadi asam.

Serangan asam berukang menyebabkan hilangnya mineral di email gigi. Lama-lama, hal inibisa melemahkkan dan mengahancurkan email gigi yang pada akhirnya bisa membentuk lubang kecil di gigi. Jika dibiarkan, lubang ini akan terus memebesar hingga mnyebar ke lapisan yang lebih dalam dan bisa mengakibatkan rasa sakit.

Saat gigi mulai rusak akan merasakan berbagai gejala-geja seperti sakit gigi, sakit saat mengunyah, dan gigi sensitif terhadap makanan dan minuman manis, panas, atau dingin.

5. Alzheimer

Alzheimer adalah penyakit degeneratif yang mengakaibatkan hilangnya neouron ( sel otak ) dan sinapsis ( persimpangan atara sel-sel otak ) secara terhadap. Kondisi ini mengakibatkan penurunan fungsi otak seiring berjalannya waktu .Punurunan daya ingat, kemampuan berpikir, serta penurunan perilaku sehari-hari menjadi tanda-tanda penyakit Alzheimer. Hingga akhirnya, saat alzheimer sudah cukup parah, pengidak tidak mampu melakukan berbagai kegiatan tanpa bantian orang lain.

AGEN POKER- Ternyata, penelitian menemukan hubungan anatara konsumsi gula dengan penyakit Alzheimer. Penelitian dari Universityog Brth, Inggris, menemukan faakta bahwa kelebihna glukosa daoat merusak enzim penting di otak yang merespon peradangan. Akibatnya terganggunya enzim tertentu ini, sel-sel otak lebih mudah mengalami peradangan yang bisa berujung pada alzheimer. Namun, penyakit akibat gula yang satu ini bisa masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk dapat memasitikan keduannya benar-benar saling berhubungan.

0 comments:

Post a Comment