Thursday, September 19, 2019

Zat Gizi Yang Akan Hilang Jika Anda Tidak Memakan Buah dan Sayur

Zat Gizi Yang Akan Hilang Jika Anda Tidak Memakan Buah dan Sayur

BANDAR DOMINO- Ada Beberapa zat gizi penting yang terdapat pada sayur buah dan berfungsi membantu kerja tubuh. tanpa zat gizi ini, bukan tidak mungkin anda akan mengalami masalah kesehatan di kemudian hari. Apa sajakah yang anda lewatkan jika tidak mengonsumsi sayur dan buah? 

Vitamin

Vitamin merupakan satu senyawa organik yang dapat dipecahkan oleh panas air, asam, ataupun lemak. Jenis vitamin secara garis besar terbagi menjadi dua yaitu vitamin larus iar dan vitamin larut lemak. Vitamin yang termasuk dalam jenis larut dalam air yaitu vitamin B dan C sementara vitamin yang larut dalam lemak adalah vitamin A, D,E. dan K. Vitamin banyak ditemukan dalam sayur dab buah. Meskipun ada jenis vitamin yang secara umum lbih banyak ditemukan di daging-dagingan (seperti vitamin D dan vitamin B) tetapi jenis vitamin lain lebih banyak didapati pada sayur dan buah. Lalu apa yang terjadi pada tubuh Anda jika Anda tidak mendapatkan vitamin yang Anda butuhkan? 


  • AGEN DOMINO- Kebutaan: diakibatkan oleh kekurangan vitamin A. Vitamin A berperan penting dalam menjaga kesehatan penglihatan. Kekurangan vitamin A kronis (terutama pada anak dan ibu hamil) dapat menyebabkan buta senja, bahkan buta total. Kekurangan vitamin A merupakan penyebab utama terjadinya jenis kebuataan pada anak yang sebenarnya dapat dihindari. Sayur dan buah tidak serta merta mengandung vitamin A yang siap pakai, bahan dasar pembentukan vitamin A yang Anda kenal dengan beta karoten lebih umum terdapat pada sayur buah. Nantinya di tubuh, beta karoten akan diubah menjadi vitamin A. Sayur buah yang banyak mengandung beta karoten biasanya yang berwarna kuning dan oranye. Seperti wortel, paprika, papaya, dan mangga.
  • Perdarahan: saat Anda terluka dan berdarah, vitamin K berperan dalam membekukan darah sehingga mencegah perdarahan berlebihan. Tidak hanya perdarahan yang terjadi di luar tubuh, vitamin K juga berperan mencegah perdarahan yang terjadi di dalam tubuh. Vitamin K dapat Anda temukan pada sayuran berwarna hijau seperti brokoli, bayam, kangkung, kale, dan lain-lain.
  • Sariawan: merupakan penyakit yang identik dengan kekurangan vitamin C. Vitamin C merupakan jenis vitamin larut air, ini berarti tubuh Anda tidak akan menyimpan vitamin C sehingga kebutuhan vitamin C ini harus Anda dapatkan dari asupan. Fungsi umum vitamin C yaitu membantu pertumbuhan jaringan serta memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.


Mineral

BANDAR CEME- Mineral adalah senyawa anorganik yang akan berikatan dengan struktur kimiawi lainnya. Ini berarti mineral dapat dengan mudah masuk ke tubuh Anda melalui makanan yang Anda konsumsi. Berbeda dengan vitamin yang rentan terhadap proses pemasakan. Contoh dari mineral yaitu magnesium, besi, kalsium, fosfor, sodium, dan potasium. Apa yang terjadi jika Anda kekurangan mineral?

  • Anemia: disebabkan oleh kekurangan zat besi. Zat besi dalam tubuh berfungsi untuk memproduksi sel darah merah. Gejala yang paling umum dari anemia yaitu mudah merasa lelah, pucat, napas menjadi pendek-pendek. Gejala yang lebih parah meliputi rambut rontok, luka terbuka di ujung mulut, sakit kepala, hingga tinnitus.
  • AGEN CEME - Masalah pada jantung: beberapa jenis mineral berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung. Magnesium misalnya, berfungsi untuk menyeimbangkan kelebihan kalsium dalam tubuh yang berhubungan dengan serangan jantung. Potasium bekerja dengan cara menormalkan tekanan darah, mencegah tekanan darah tinggi yang berhubungan erat dengan serangan jantung. Makanan yang banyak mengandung magnesium dan potasium antara lain sayuran berdaun hijau gelap, alpukat, pisang, dan lain-lain.


Antioksidan

Antioksidan merupakan suatu senyawa yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas berpotensi menyebabkan berbagai penyakit seperti arterosklerosis, kanker, penyakit jantung, dan lain-lain.

BANDAR POKER - Sumber terbaik antioksidan adalah sayur dan buah. Beberapa jenis buah yang kaya akan antioksidan yaitu anggur (terutama yang berwarna gelap), berry, jeruk, dan apel. Sementara jenis sayuran yang banyak mengandung antioksidan adalah sayuran yang berwarna hijau gelap serta oranye seperti misalnya wortel, brokoli, bayam, dan kale.
Serat

Ini merupakan komponen penting yang hanya terdapat pada sayur dan buah. Jika Anda kurang mengonsumsi serat, banyak masalah kesehatan yang dapat Anda alami. Selain memperlancar pencernaan, serat juga membantu mencegah berbagai penyakit khususnya penyakit degeneratif seperti penyakit jantung, penyumbatan pembuluh darah, stroke, dan diabetes. Hal ini dikarenakan serat bekerja secara alami mengurangi lemak dan kolesterol jahat. Apa saja yang dapat terjadi jika pola makan Anda rendah serat?

  • Konstipasi: jika Anda buang air besar kurang dari tiga kali seminggu bisa jadi Anda mengalami konstipasi. Kurang serat merupakan salah satu penyebab terjadinya konstipasi. Anda mungkin ingin mempertimbangkan mengonsumsi makanan yang kaya serat seperti wortel, brokoli, dan apel untuk memperlancar sistem pencernaan Anda.
  • Berat badan naik: jika Anda mengonsumsi serat yang cukup saat makan, Anda akan merasa cepat kenyang sehingga mengurangi keinginan Anda untuk makan berlebih.
  • Gula darah tidak stabil: salah satu fungsi serat adalah memperlambat penyerapan gula sehingga membantu mengontrol kadar gula darah terutama bagi mereka yang menderita diabetes.
  • Cepat lelah: jika pola makan Anda didominasi oleh jenis makanan tinggi protein tinggi lemak dan rendah karbohidrat, maka bisa jadi Anda merasa cepat lelah, gampang merasa mual dan menjadi kurang bergairah. AGEN POKER


0 comments:

Post a Comment