Wednesday, March 25, 2020

Manfaat Tinta Hitam Di Cumi

Manfaat Tinta Hitam Di Cumi

Penggemar seafood mungkin tidak asing lagi dengan hidanan cumi-cumi yang lezat. Cumi-cumi dengan tintanya memang diakui memiliki citarasa khas yang semakin menambah kelezatanya. Selain rasa yang lezat, rupanya ada juga manfaat tinata cumi-cumi untuk ksehatan.

Bagaimana manfaat tinta cumi untuk kesehatan

Cumi-cumi, seperti halnya gurita dan sotong mengeluarakan tinta sebagai bentuk pertahanan dari terhadap serangan predator. Cumi-cumi umumnya memiliki warna tinta biru-hitam, sedangkan gurita dan sotong memiliki tinta hitam paket dan hitam kecokelatan.

Warna biru kehitaman pada tinda cumi disebabkan oleh melainkan, yaitu pigmen alami yang berasal dari senyawa terunan asam amino. Melanin dihasilkan dari kelenjar dalam sel kantung yang disekresikan bersama dengan protein, lemak, mineta;, snyaea kimai penting lain. Sebagai Contoh tirosin dan dopamine.

Beberapa kandungan zat-zat dalam tinta yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti :

Antioksidan  yang berperan dalam mencegah kanker

Manfaat tinta cumi dapat berperan sebagai agen antikanker, karena kandungan melanin dan peptidoglikan. Melanin merupakan zat warna gelap turunan dari asam amino yang digunakan sebagai senjata untuk melindungi diri dari predator.

Mekanisme cumi dalam memproduksi melanin ternyata juga menghasilkan berbagai zat kimia dan enzim yang berperan sebagai antioksidan, seperti tirosin, katekolamin, dan dopamin.

Sementara itu, paptidoglikan merupakan senyawa hasil dari polisakarida dan oligopeptida yang terbukti memiliki aktivitas antikanker, seperti mendorong matinya sel kanker atau apotosis dan menekan pertumbuhan dan penyebaran sel karsinoma dalam tubuk.

Asam amino untuk menjaga kesehatan sel otak saraf

Tinta cumi mengandung asam amino bebas dalam jumlah yang cukuo tinggi, yaitu taurin dan diikat leh glutamat dan tirosin.

Kadar asam amono yang tinggi yang dimilki cumi sebenarnya berfungsi dalam aktivitas phagomimetic atau kemampuan memakan zat asing sebagai bentunk pertahanan dari cumai dari predator.

namun, ternyata asam amino dari tinta cumi juga memiliki manfaat baik kesehatan sel tubuh, seperti tairin yang penting bagi kesehayan sel otak dan saraf.

Selain itu, asam amino juga mampu menurunkan resiko hipertensi dan hiperkolestrolemia. Glutamat merupakan asam amino yang ternyata memeberikan efek rasa gurih yang unik atau umami dalam tinta cumi.

Asam lemak tidak jenuh mampu berperan sebagai antibakteri

Manfaat tinta cumi juga disebut sebagai antibiotik alami karena =mengandung asama lemak tidak jenuh seperti DHA, asam oleat, dan EPA yang memiliki sigar antibakteri.

Selain itu, beberapa penelitian juga menunjukan tinta cumi mampu merespon terhadap bakteri penyebab diare dan typhus seperti Satphylococcus aureus, Salmonella sp dan Escherichia coli.

walaupun tinta cumi memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh, cumi-cumi tetaplah seafood yang memiliki kandunan kolestrol yang tingg yang apabila dimakan berlebihan malah akan berdapak buruk bagi kesehatan, terutama jantung dan pembuluh darah.

Sebaiknya Anda hanya mengonsumsi cumi-cumi dalam jumlah yang tidak berlebihan. Kemudian. pilihan menu pemasakan yang tepat untuk menimalkan asupan lemak henug yang masuk kedalam tubh.

0 comments:

Post a Comment