Thursday, March 26, 2020

Makan Makanan Berlemak Ternyata Ada perngatuhnya Bagi Kesuburan

Makan Makanan Berlemak Ternyata Ada perngatuhnya Bagi Kesuburan

Makan Makanan Berlemak Ternyata Ada perngatuhnya Bagi Kesuburan

Salah satu Faktor yang memengaruhi kesuburan wanita adalah persentase lemak dalam tubuhnya. lemak tubuh yang terlalu sedikit biasa menyebabkan terhentinya menstruasi sehingga kesuburan akan terut menurun. Jika demikirkan, apakah wanita harus banyak makan makanan berlemak untuk meningkatkan kesuburan mereka?

Pengaruh persentase lemak terhadap kesuburan

Tubuh wanita memiliki dua hormon prosuksi utama, salah satunya adalah estrogen. Estrogen berfungsi dalam pematangan organ produksi wanita, terutama untuk perkembangan payudara, pertumbuhan rambut kemaluan, serta sirkulasi menstruasi.

Sebagian besar estrogen diprosuksi oleh ovarium, yakin sepasang kelenjar pada orga produksi yang turut menghasilkan sel telur.

Selain ovarium estrogen ini juga di produksi oleh sel-sel lemak serta kelenjara adrenalin yang terdapat pada ginjal.

Jumlah hormon estrogen berubah-ubah sepanjang siklus menstruasi.Prosuksi hormon estrogen mencapai puncaknya saat pengetahuan siklusm lalu menurun saat menstruasi. Produksi hormon ini akan berhenti sepenuhnya saat Anda mengalami menopause.

Makanan berlemak memang tidak secara lansung meningkat kesuburan. Namun, lemak adalah bahan baku untuk membentuk estrogen. Jika Anda kekurangan lemak, tubuh tidak bisa memproduksi cukup estrogen yang di perlukan dalam siklus normal.

Melansir laman Hormon Health Network, rendahnya jumlah estrogen bisa mengurangi frekuensi menstruasi, bahkan mengehentikannnya sama sekali. Kekurangan etrogen juga dapat memicu gejala mirip menoupose, seperti:

Sensasi hanga atau panas pada tubuh(hot flashes)
Gangguan tidur
Menurunnya gairah seksual
Vagina menggering
Perubahan mood secara mendadak(mood swing)

kekurangan estrogen juga turut menghambat ovulasi, yakni proses pelepasan sel telur dari ovarium. Bila ovulasi tidak terjadi, sperma tidak dapat membuahi sel telur. Akibatnya, tingkat kesuburan menurun dan kehamilan pun akan lebih sulit terjadi.

Makanan berlemak yang membantu meningkatkan kesuburan

Makan makanan berlemak memberikan manfaat bagi kesuburan. Asupan lemak yang cukup mengandung berlangsung ovulasi sehiangga pembuahan dapat terjadi. Ini sebebnya Anda perlu mendapatkan asupan lemaj utnuk bisa mengalami kehamilan.

Akan tetapi, Anda tetap harus mencermati jenis lemak yang dikonsumsi. Jenis lemak yang bisa membatu kesuburan adalah lemak tak jenuh, termasuk asam lemak omega-3.

Lemak tak jenuh adalah lemak menyehatkan yang dpaat menurunkan kolestrol, meredakan peradangan, dan baik bagi kesehatan jantung.

Makanan berlemak dari jenis ini juga meningkatkan produksi estrogen sehingga bermanfaat bagi kesuburan.

Berikut berlemak dari jenis ini juga dapat meningkatkan produksi estrogen sehingga bermanfaat bagi kesuburan.

berikut adalah beberapa bahan makanan kaya tak jauh untuk menambah kesuburan:

ikan salmon, tuna, hering, makarel, dan teri.
Alpukat, baik egar ataupun dalam bentuk minyak.
Kacang kenari, pistachio, pecan, dan almond.
buah zaitun dan minyaknya.
Minyak kanola, minyak jagung, dan minyak kedelai.
Biji labu, biji bunga matahari, biji chia, dan biji flax.
telur dan daging ayam.
Coklat hitam.

Manakanan berlemak yang terlalu dihindari

Di sisi lain, ada pula jenis lemak yang dapat menghambat kesuburan Anda, yakni lemak jenuh dan lemak trans. Keduanya banyak terdapat dalam produk makanan olahan, junk food, beberapa jenis margarin, dan produk makanan tinggi gula.

Alih-alih meningkatkan kesuburan, makanan berlemak ini justru menimbulkan dampak sebaliknya. Pola makan tinggi lemak trans dapat memicu resistensi insulin, yakni penurunan respons tubuh terhadap hormon insulin yang mengatur gula darah.

Resistensi insulin kemudian menyebabkan berbagai gangguan metabolisme, termasuk menghambat ovulasi. Dampaknya adalah ovulasi tidak terjadi, begitu pun dengan menstruasi, pembuahan, dan kehamilan.

Makanan berlemak memang dapat menambah kesuburan, tapi lemak yang dimaksud adalah lemak tak jenuh yang menyehatkan tubuh. Batasi konsumsi lemak jenuh dan lemak trans karena keduanya justru berdampak buruk bagi kesuburan.

Selain lemak, lengkapi pula asupan harian Anda dengan karbohidrat, protein, serat, serta vitamin dan mineral. Pastikan seluruhnya terdapat dalam menu harian karena tubuh Anda membutuhkan beragam nutrisi tersebut untuk mendukung kehamilan.

Jika Anda ragu mengenai komposisi makanan yang tepat bagi kesuburan Anda, silakan berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi, ya!


0 comments:

Post a Comment