Saturday, October 12, 2019

Siklus Haid Yang Tidak Teratu Ini Adalah Cara Mengembalikannya


Siklus Haid Yang Tidak Teratu Ini Adalah Cara Mengembalikannya


BANDAR DOMINO- Pada umumnya, siklus menstruasi berlangsung selama 28 hari, tetapi beberapa wanita mengalami siklus dengan waktu yang lebih lama atau lebih cepat. Siklus menstruasi Anda dapat dikatakan teratur jika datang setiap 24 sampai 38 hari. Akan tetapi, jika Anda mengalami datang bulan dengan siklus yang tidak menentu, maka hal tersebut dikatakan tidak teratur. Tak usah panik dulu, supaya siklus haid kembali normal, berikut cara mengatasi menstruasi tidak teratur yang bisa dilakukan di rumah dan tidak perlu obat-obatan.

Cara mengatasi menstruasi tidak teratur

Sebenarnya, terdapat beberapa hal yang menyebabkan menstruasi kita menjadi tidak teratur. Mulai dari gaya hidup yang tidak sehat, alkohol, sedang jalan-jalan keluar kota, atau konsumsi kafein. Oleh karena itu, silahkan ikuti beberapa tips mudah mengatasi siklus haid yang tidak teratur.

1. Yoga

AGEN DOMIN- Gerakan yoga dipercaya dapat menjadi pengobatan efektif untuk masalah menstruasi. Sebuah penelitian meneliti hal ini pada 126 peserta yang melakukan yoga rutin dengan durasi 35-40 selama 5 hari per minggu. 

Hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa rutinitas tersebut mampu menyeimbangkan hormon sehingga mencegah siklus haid berantakan. Oleh karena itu, gerakan yoga bisa mengatasi masalah menstruasi yang tidak teratur. Selain itu, yoga juga dapat mengurangi rasa sakit saat PMS.

2. Rutin olahraga
efektif bakar lemak waktu jogging yang baik
Tentu saja olahraga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain dapat menjaga berat badan, berolahraga rutin juga sebagai pengobatan dari PCOS (sindrom ovarium polikistik). PCOS adalah salah satu penyebab jadwal menstruasi berantakan. Jadi, mulailah rutin berolahraga agar dapat mengatasi menstruasi Anda yang tidak teratur.

Anda bisa mulai rutinitas ini dengan cara  jogging di sekitar rumah atau kantor selama 30 menit sehari. Atau Anda juga bisa mencoba olahraga kardio seperti berenang atau bersepeda.

3. Makan nanas

BANDAR CEME- Tumbuhan tropis berwarna kuning ini memang menjadi salah satu cara menyembuhkan masalah menstruasi. Nanas mengandung bromelain, yaitu enzim yang dapat melunakkan lapisan rahim, sehingga siklus menstruasi Anda bisa teratur. Selain itu, molekul protein dari nanas juga dipercaya sebagai pereda nyeri. Meski begitu, belum banya penelitian yang membahas manfaat nanas untuk mengatasi siklus haid tidak teratur.

Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba, toh nanas bisa menjadi camilan sehat nan segar. Mulailah konsumsi nanas untuk mengatasi menstruasi Anda yang tidak teratur. Dianjurkan untuk mengonsumsi minimal 80 gram buah per hari.

4. Konsumsi cuka apel

AGEN CEME- Rasa pahit yang ada di cuka apel ternyata bisa mengatasi menstruasi yang tidak teratur. Sebuah studi pada tahun 2013 mengungkapkan bahwa minum 15 mililiter cuka apel dapat mengembalikan siklus haid Anda.

Selain itu, cuka apel juga bisa membantu menurunkan berat badan, gula darah, dan kadar insulin. Disarankan untuk meminumnya dengan campuran madu dan air secukupnya agar dapat menghilangkan sensasi pahit dari cuka apel. 

5. Menambah asupan vitamin

BANDAR POKER- Salah satu vitamin yang ampuh untuk mengatasi siklus menstruasi tidak teratur adalah vitamin D. Vitamin yang terdapat di dalam kuning telur, susu, dan minyak ikan ini dipercaya dapat membuat haid kita menjadi normal.

Selain itu, vitamin B juga sering dianjurkan untuk para wanita yang ingin mengubah menstruasi mereka menjadi normal. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B, seperti jagung, juga bisa meringankan gejala  pra menstruasi.

6. Menjaga berat badan

Selain berolahraga, menjaga berat badan juga tidak kalah pentingnya. Jika berat badan Anda tiba-tiba turun atau mengalami kenaikan yang cukup drastis, bisa saja mempengaruhi siklus menstruasi Anda.

AGEN POKER- Oleh karena itu, apabila Anda merasa berat badan menjadi sumber masalah ketidakteraturan menstruasi Anda, silakan tanyakan ke dokter. Berapa berat badan yang ideal untuk Anda dan bagaimana mengatur diet untuk diri Anda.

Apabila cara-cara di atas tidak bisa mengatasi menstruasi Anda yang tidak teratur, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter. Dokter dapat menyarankan pengobatan yang dapat dilakukan dan mengetahui alasan dibalik siklus haid Anda yang tidak teratur.

0 comments:

Post a Comment